Selasa, 14 April 2015

Berapa Lama Buku Tahunan Sekolah Jadi?

Proses pembuatan buku tahunan sekolah tentu memakan waktu tertentu, tidak bisa langsung jadi dalam sekejap. Tapi sebenarnya berapa lama sih waktu pembuatan buku tahunan sekolah ini?

Proses pembuatan buku tahunan sekolah memiliki 3 tahapan utama, yaitu foto, desain, dan cetak. Ketiganya memiliki waktu masing-masing. Sebelum memasuki tahapan pertama, yaitu foto, panitia serta pihak pembuat buku tahunan sekolah akan menentukan tema yang sudah fix lalu melakukan penjadwalan foto. Bahkan untuk tahapan awal inipun memerlukan waktu.

Tahapan pertama, foto, biasanya menghabiskan waktu 7-14 hari, tergantung jumlah kelompok, jumlah foto ekskul, jumlah foto guru, dan foto lain-lain. Ada beberapa sekolah yang langsung melakukan foto selama 7-14 hari berturut-turut. Ada juga sekolah yang jadwalnya tidak tentu. Biasanya, paling lama range pengambilan foto ini adalah 1 bulan.

Tahapan kedua, desain, biasanya memakan waktu paling cepat 1 bulan dan paling lama 2 bulan. Selama 1 bulan ini ada yang sudah termasuk revisi, ada juga yang belum, tergantung jumlah halaman, tingkat kesulitan, serta jumlah antrian :p Kalau kamu masuk ke desain di peak time nya desain, ya bakal antri. Tapi kalo kamu masuk di lain waktu, bisa jadi langsung dikerjakan :D Waktu revisi ini juga tergantung kamu, apakah di awal kamu sudah langsung menyebutkan detail desain yang diinginkan sehingga hasilnya sudah sangat mendekati hanya kurang sedikit, apakah kamu cukup “rewel” mengenai desain, atau apakah banyak typo yang kamu lakukan dalam pengetikan biodata temen-temen kamu.

Tahapan terakhir adalah proses cetak. Proses ini biasanya membutuhkan waktu minimal 1 bulan, maksimal 3 bulan. Rentang waktu ini tergantung dari banyak nggaknya pritilan dalam buku tahunan sekolah kamu, jumlah pemesanan kamu, serta banyaknya antrian. Sama kayak desain, kalo kamu cetak di peak time nya cetak, ya antriannya bakal lumayan, kalo nggak ya bakal cepet. Selain itu, pritilan yang dimaksud adalah paper art, packaging, maupun pop up. Makin lama bakal makin banyak karena beberapa pengerjaannya dilakukan manual :D

Nah, kalo berdasarkan perhitungannya nih, pembuatan buku tahunan sekolah ini akan memakan waktu minimal 5 bulan, maksimal 10 bulan. Kalo kamu mau perhitungan pastinya, kamu bisa hubungi Abankirenk untuk menanyakan hal tersebut. Kamu bisa menghubungi Abankirenk melalui (0274) 4539586 / 089627133821 / 085743942222 atau bisa juga melalui email ke abankirenk.creative@yahoo.com.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar